Tingkatkan Keterampilan Manajemen Keuangan Anda Dengan Langkah Terbaik

manajemen keuangan

Bagi kebanyakan orang melewati akhir bulan tanpa menghabiskan semua uang mereka adalah tugas yang lemah. Kami bekerja sebanyak yang kami bisa dan kemudian menjadi frustrasi ketika kami menyadari bahwa pada akhirnya kami tidak memiliki apa-apa untuk ditampilkan. Bagaimana ini bisa terjadi ketika kita hanya melewati & menghindari pesta sampanye liar di penerbangan kelas satu ke Dubai? Jawabannya sederhana: meskipun kita pikir kita hanya membeli kebutuhan pokok, kita sebenarnya menghambur-hamburkan uang kita untuk hal-hal yang tidak perlu. Sayangnya saat ini mayoritas orang tidak tahu bagaimana menangani uang mereka dengan bijak. Anda bisa menyalahkan orang tua Anda atau sistem pendidikan tetapi pada akhirnya tanggung jawab ada di tangan Anda. Untungnya mengelola keuangan Anda adalah keterampilan yang dapat Anda pelajari, jadi gunakan daftar ini untuk membantu Anda berada di jalur yang benar. Jadi berhentilah mengeluh dan pelajari cara meningkatkan keterampilan manajemen keuangan Anda hari ini!

Tingkatkan Keterampilan Manajemen Keuangan Anda Dengan Langkah Ini

Langkah #1: Ketahui Situasi Keuangan Anda saat ini

Untuk mengembangkan keterampilan manajemen keuangan yang baik, mulailah dengan meninjau keuangan Anda saat ini. Menilai situasi keuangan Anda membantu Anda memahami kekuatan, kelemahan, dan area yang perlu Anda tingkatkan. Wawasan ini akan membantu Anda bekerja untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Analisis laporan kartu kredit dan bank Anda dan pertimbangkan pengeluaran yang signifikan seperti hipotek, pinjaman mahasiswa, bahan makanan, biaya terkait mobil, dll. Bandingkan ini dengan penghasilan Anda untuk mengevaluasi situasi keuangan Anda. Jika pengeluaran Anda lebih dari penghasilan Anda dan Anda tidak dapat melunasi kartu kredit Anda setiap bulan, pikirkan cara untuk meminimalkan pengeluaran Anda.

Langkah #2: Tetapkan Anggaran

Kebanyakan orang tidak tahu ke mana sebenarnya uang mereka pergi. Untuk alasan ini, penting bagi Anda untuk duduk & mencari tahu ke mana perginya uang Anda. Buat daftar semua hal yang Anda habiskan dengan uang seperti penginapan, makanan, & hiburan. Setelah Anda melihat berapa banyak yang Anda belanjakan setiap bulan, bandingkan dengan berapa banyak yang Anda hasilkan. Ketika Anda melihat statistiknya, itu akan memaksa Anda untuk membuat anggaran yang masuk akal untuk setiap kategori. Anda mungkin menyadari bahwa dari waktu ke waktu pemanjaan Anda sesekali menghabiskan banyak uang.

Tetapkan anggaran dan buat rencana

Langkah #3: Buat Rencana

Setelah Anda menetapkan anggaran dan menyadari berapa banyak atau sedikit yang harus Anda kerjakan, Anda perlu membuat rencana. Di mana Anda ingin berada dalam setahun & berapa banyak yang harus Anda tabung untuk mewujudkannya? Jika Anda kecewa dengan melihat keuangan Anda, Anda harus menyadari bahwa semuanya bisa diubah. Duduk di depan TV untuk melepas lelah setiap hari adalah membuang-buang waktu/uang berharga yang dapat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan sampingan, mempelajari keterampilan baru, atau meningkatkan keterampilan Anda saat ini sehingga Anda mendapat kenaikan gaji. Cari tahu ke mana perginya waktu & uang Anda sehingga Anda dapat mengubahnya. Setelah Anda memiliki rencana, patuhi itu & jangan takut untuk melakukan perubahan gaya hidup yang diperlukan untuk mewujudkannya.

Langkah #4: Jadilah Konsumen yang Sadar

Bagi kebanyakan orang, beberapa saluran terbesar dalam keuangan mereka adalah makanan & belanja. Saat Anda berbelanja bahan makanan, apakah Anda membandingkan harga & mencari obral? Ada sejumlah aplikasi yang menghubungkan Anda dengan penawaran yang akan menghemat banyak uang untuk makanan. Saat Anda membeli pakaian atau barang apa pun, prinsip yang sama berlaku. Anda perlu mencari penawaran bagus & selalu memeriksa untuk melihat apakah membeli item ini benar-benar sepadan dengan anggaran Anda.

Langkah #5: Berpikirlah Seperti Seorang Investor

Menyimpan uang itu bagus, jika Anda telah mencapai titik ini, Anda sudah berada di depan kebanyakan orang. Namun membuat uang Anda bekerja untuk Anda adalah kunci untuk menjadi kaya. Pelajari bagaimana Anda dapat menginvestasikan uang Anda ke dalam sesuatu yang dijamin menghasilkan pendapatan. Selalu lakukan riset sebelum Anda menarik pelatuk sehingga Anda berinvestasi dengan bijak. Ingat membuang uang Anda secara membabi buta ke dalam skema cepat kaya lebih buruk daripada hanya menyimpan uang saat Anda mencari peluang yang lebih baik.

Langkah #6: Dapatkan Halaman yang Sama dengan Pasangan Anda

Jika Anda rajin bekerja untuk menghemat uang sementara pasangan Anda menghambur-hamburkan uang seperti remaja pada liburan musim semi, Anda berdua pasti akan gagal. Bagian dari kebersamaan adalah berbagi visi & tujuan yang sama sehingga Anda berdua perlu menyinkronkan kebiasaan belanja Anda untuk mencapainya. Hanya dengan begitu Anda dapat membuat kemajuan & menemukan cara inovatif untuk bekerja sebagai tim untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Berpikirlah seperti seorang investor

Langkah #7: Buatlah pikiran Anda memvisualisasikan akan jadi apa Anda ketika Anda sudah tua dan menganggur

Sebagai pria atau wanita muda Anda lupa bahwa Anda tidak akan pernah muda selamanya dan suatu hari Anda harus menjadi tua, ketika tangan Anda gemetar, Anda akan memiliki satu atau lebih masalah kesehatan dan tidak dapat bekerja lagi. Visualisasi dengan pikiran skenario masa depan ini akan membantu Anda menyimpan lebih banyak dolar di saku Anda dan Anda akan mulai menabung sekaligus. Tapi ingat jangan biarkan pikiran Anda melupakan ini segera. Sering-seringlah mengingatkan bagaimana penampilan Anda setelah beberapa tahun di usia tua.

Langkah #8: Dorong pikiran Anda untuk tidak menggunakan kartu kredit

Anda adalah pemilik kartu kredit yang bangga dan meningkatkan di antara teman-teman berapa banyak dolar yang telah diberikan bank kepada Anda dalam kartu kredit tersebut. Tapi itu seperti pinjaman yang bila Anda habiskan dengan kartu kredit Anda harus membayar kembali dengan bunga. Jadi dorong pikiran Anda untuk tidak menggunakan kartu kredit untuk setiap pembelian kecil. Untuk menggambar sesuatu motivasi ini dan menggantungnya di dinding Anda sehingga pikiran Anda membacanya sepanjang hari tidak menghabiskan dengan kartu kredit Anda tetapi meletakkannya kembali di laci Anda untuk menggunakannya.

Langkah #9: Ambil permen karet dan headphone saat Anda pergi berbelanja

Ingat kita harus memasukkan uang ke dalam saku kita untuk menabung dan melatih pikiran kita untuk melakukannya. Trik sederhana saat pergi berbelanja adalah mengambil permen karet dan headphone. Ini paling disukai oleh pikiran dan otak Anda dan ketika memiliki toko ini yang memanipulasi Anda untuk membeli karena ada kesepakatan dan diskon atau beli satu gratis satu akan gagal memikat pikiran Anda. Mengunyah permen karet mint dapat menangkal aroma sekitar di toko dan membuat Anda merasa lebih kenyang sehingga Anda tidak membeli makanan secara impulsif, dan mengenakan headphone dapat menghalangi musik yang dirancang untuk membuat Anda tinggal di toko lebih lama.

Langkah #10: Biarkan pikiran Anda menghitung peluang- Gaji yang diperoleh per hari Vs pengeluaran gaji per hari

Pikiran yang sehat melakukan banyak perhitungan. Ketika Anda tergoda untuk membeli sesuatu, biarkan pikiran Anda melakukan beberapa perhitungan. Hitung-hitung berapa harga sebenarnya barang itu dalam hal jam kerja yang Anda perlukan untuk membayarnya. Jika Anda menginginkan $90 untuk sepasang jeans maka itu berarti lebih dari 12 jam kerja dengan upah minimum $7,25. Ohh.. pikiran sekaligus ingin memasukkan lebih banyak uang kembali ke saku.

Hindari menggunakan kartu kredit

Langkah #11: Berikan tip motivasi pada pikiran Anda

Ya pikiran juga mau tips..bukan untuk dibelanjakan tapi untuk ditabung. Jelaskan cara Anda ingin memperlakukan uang Anda dan seiring waktu hal itu bisa menjadi kebiasaan. Saya selalu menenangkan pikiran saya, saya hanya akan membeli pakaian setahun sekali itu juga ketika mereka sedang obral di luar musim. Menipu otak Anda dengan cara ini untuk menghemat uang.

Langkah #12: Mendapatkan bonus, mintalah pikiran Anda untuk menginvestasikannya

Dalam sebuah penelitian, ini menunjukkan bahwa memulai program di mana Anda terus meningkatkan jumlah yang Anda hemat bisa lebih efektif daripada berusaha untuk menabung lebih banyak sekarang. Seperti membuat rencana untuk menghemat sebagian besar bonus Anda berikutnya daripada mencoba menguranginya sekarang. Sekali lagi pikiran Anda harus tetap berpegang pada rencana itu.

Langkah #13: Mintalah pikiran Anda untuk mencoba mengeluarkan lebih sedikit denominasi dari saku Anda

Mengeluarkan pecahan $2 atau $5 yang lebih kecil akan merusak tagihan yang lebih besar dari saku Anda. Saya ingat salah satu teman saya setelah pulang pada malam hari dari tokonya akan memasukkan semua uang dan sen ke dalam toples besar. Pada akhir bulan, dia memiliki banyak tabungan ratusan dolar tanpa rasa sakit.

Langkah #14: Pikiran harus bekerja offline untuk menyimpan

Ada begitu banyak toko online tempat orang bertransaksi setiap hari untuk membeli begitu banyak barang. Itu karena pikiran bekerja online. Ambil pikiran offline untuk menyimpan lebih banyak. Cara sederhana adalah tidak menyimpan informasi kartu kredit Anda dengan toko online atau mengisi data secara otomatis, latih pikiran Anda untuk selalu bertanya sebelum membeli apa pun jika Anda lebih suka memiliki uang tunai jika orang asing menawarkannya kepada Anda, patuhi aturan 30 hari untuk pastikan Anda benar-benar menginginkan sesuatu, atau gunakan kartu debit prabayar untuk memaksa diri Anda merenungkan sumber daya Anda yang terbatas.

Langkah #15: Buat pikiran Anda bahagia dengan memainkan permainan menabung

Game membantu pikiran Anda rileks dan ada begitu banyak game gratis untuk diunduh di ponsel atau PC atau tablet Anda dan mulai mainkan. Game hemat uang seperti SaveUp dan SmartyPig mengubah menabung menjadi semacam tantangan di mana Anda dapat menyaksikan uang Anda tumbuh dan menuai hadiah lainnya. Anda dapat memulai kompetisi di antara keluarga atau teman untuk memasukkan lebih banyak uang ke saku Anda dengan memainkan banyak permainan hemat uang yang menantang.

Smarty Pig – Alat penghemat uang

Langkah #16: Jauhi pikiran Anda dari orang atau tempat yang membujuknya untuk membelanjakan lebih banyak

Buatlah daftar tempat, benda, atau orang yang menyebabkan Anda membuat pilihan pengeluaran yang buruk. Identifikasi pemicu yang meminta Anda jalan-jalan, berbelanja, atau minum-minum di pub dan mencairkan tabungan Anda. Jika Anda dapat mengidentifikasi orang-orang ini yang membuat pikiran Anda lemah dan boros maka jauhi mereka dari hidup Anda. Hindari telepon mereka, minta mereka untuk datang ke rumah Anda untuk minum kopi sederhana atau singkirkan mereka dari pikiran Anda.

Terakhir, ingatlah bahwa dibutuhkan banyak waktu dan latihan untuk menguasai keterampilan manajemen keuangan. Meskipun menguasai keterampilan ini mungkin tampak sulit pada awalnya, dan memang demikian, keahlian dan keterampilan ini menjadi sifat kedua jika Anda tetap berkomitmen dan menaatinya. Perhatikan bahwa jika Anda bekerja keras dan semakin cepat Anda mengembangkan keterampilan ini, semakin cepat Anda mengamankan masa depan dan mengelola keuangan Anda.

Author: Kenneth Perez